Jenis Kue Basah dan Cake Lezat Untuk Sajian Lebaran

food

Written by:

Tidak hanya kue kering dan kue kaleng, ternyata cake dan kue basah dan juga merupakan salah satu makanan manis yang wajib ada saat lebaran lho. Coba deh kalian perhatikan, setiap berkunjung ke rumah tetangga dan saudara untuk silaturahmi, pasti mereka menyediakan cake dan kue basah sebagai jamuan. Jenisnya pun bervariasi. Jika di rumah kami biasanya selalu ada kue lapis dan bolu gulung. Bagi kalian yang biasanya hanya menyajikan kue kering saja saat lebaran, tak ada salahnya menambah cake dan kue basah ke dalam daftar suguhan makanan agar lebih bervariasi.

Jika kalian masih bingung, berikut beberapa jenis cake dan kue basah yang bisa kalian sajikan saat lebaran. Mari kita simak ulasannya: 

  • Chiffon cake

Chiffon cake merupakan cake yang terbuat dari tepung terigu protein rendah, gula, telur, dan santan. Yang unik dari chiffon cake ini salah satunya adalah teksturnya yang sangat lembut, halus dan juga ringan, seperti spons. Chiffon cake ini juga sangat cocok sekali dinikmati bersama segelas kopi, teh, ataupun minuman hangat lainnya.

  • Brownies kukus

Brownis ini sangat enak sekali dan tekstur bolu yang lembut dengan rasa cokelat yang kuat membuat brownies kukus ini sangat digemari banyak orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua. Aroma cokelatnya yang harum begitu menggoda kita untuk mencicipinya. Apalagi jika ada lapisan marble coklat.

  • Bolu gulung

Bolu gulung atau swiss roll merupakan salah satu bolu yang wajib ada pada saat lebaran tiba. Berbeda dengan bolu lainnya, bolu gulung ini merupakan bolu panggang tipis yang dioles selai ataupun krim, kemudian digulung. Bentuknya yang unik serta rasa yang enak membuat bolu gulung ini menjadi salah satu kue incaran saat hari raya.

  • Kue lapis

Kue lapis ini merupakan salah satu makanan tradisional asli khas Indonesia yang terbuat dari tepung beras, tepung kanji, santan, gula pasir, dan juga garam. Kemudian dikukus sampai matang. Meskipun tradisional, jangan salah, banyak sekali yang menyukai kudapan manis ini. Disebut kue lapis karena bentuk kue ini berlapis-lapis aneka warna, cantik sekali. Rasa yang manis serta tekstur yang kenyal membuat kue lapis ini kaming dilewatkan begitu saja.

  • Pie Susu

Ada yang mengatakan, pie susu merupakan hasil adaptasi dari tart custard, makanan dari Inggris. Teori ini sangat masuk akal, karena Hong Kong merupakan bekas koloni Inggris. Namun, ada juga teori lain yang meyakini bahwa pie susu diadaptasi dari kue asal Portugis, pastel de nata. Lantas bagaimana cara membuat pie susu ini? Secara garis besar, pie susu terdiri dari dua bagian, yaitu kulit dan isi.

Salah satu langkah awal adalah kulit jangan terlalu tebal agar matang dengan cepat dan merata. Supaya adonan tidak berbusa, nyalakan mixer dengan kecepatan sedang. Saring adonan isi agar ampas tidak masuk ke dalam adonan karena akan merusak rasanya. Campurkan semua bahan kulit, aduk dengan menggunakan garpu sampai tercampur rata. Uleni adonan sampai tercampur rata dan tidak terasa lengket di tangan. Siapkan cetakan pie, olesi dengan margarin atau mentega. Tuangkan adonan ke dalam cetakan pie kecil. Bentuk bagian tepinya dengan menekannya sedikit menggunakan ujung garpu. Tusuk-tusuk bagian bawah adonan agar kulit matang merata.

 

Baca Juga :  Resep Masakan Mudah Ayam Woku Asal Manado

Comments are closed.