Rahasia Dapur Dalam Membuat Menu Ayam Pedas Spesial

food

Written by:

Sudahkah Anda mencoba menu satu ini atau belum? Kalau belum, bikin sekarang juga. Memangnya menu apa sih? Ayam rica-rica! Bagi yang belum tahu, ayam rica-rica ini memang memiliki ciri khas tersendiri pada rasanya. Selain pedas, bumbu yang ada di dalamnya itu benar-benar pas di lidah. Dari mencium aromanya saja, sudah cukup untuk menggoda selera makan kita. Jangan kecewa karena kali ini kita akan membahas menu ayam lagi. “Ayam lagi, ayam lagi”, please jangan berpikir seperti itu, jangan pernah bosan dengan menu ini. Karena setelah kamu mencobanya, dijamin kamu akan kecanduan. Ayam rica-rica ini adalah makanan khas Manado, mungkin untuk orang-orang Manado sudah tidak asing kagi dengan menu satu ini. Lantas, karena kamu bukan asli Manado, jadi tidak bisa membuatnya? Tenang, untuk itulah kami akan membongkar satu persatu rahasia dari bumbu ayam rica rica ini.

Untuk kalian yang hobi masak atau masih dalam tahap pemula, silahkan ikuti menu berikut ini. Karena saking mudahnya, kamu pun yang belum ahli bisa mengikutinya. Langsung saja siapkan bahan-bahannya seperti ayam, tomat, garam, jeruk nipis, serai, daun jeruk, daun salam, minyak goreng secukupnya, dan air matang. Pastikan terlebih dahulu bahan-bahan di atas masih dalam keadaan segar ya. Apapun bisa Anda gunakan sebagai bahan utama, seperti ayam kampung, atau bebek, telur, bahkan ikan juga tak kalah enaknya dengan daging ayam saat dipadukan dengan bumbu rica-rica ini. Jangan lupa untuk mencuci ayamnya hingga bersih dan tuangkan perasan jeruk nipis dan garam, diamkan beberapa menit agar meresap dan baunya menghilang, lalu goreng setengah matang. Kemudian, tumislah cabe merah keriting, besar, cabe rawit merah, bawang merah, bawang putih, merica bubuk, gula pasir, dan garam yang sudah dihaluskan menjadi satu. Sebagai rekomendasi, Anda tidak perlu menghaluskan bumbu hingga terlalu halus, tidak masalah jika masih sedikit kasar karena akan berpengaruh pada hasil ayam rica-rica nanti. Jumlah cabe yang digunakan, tergantung selera Anda untuk menyesuaikan tingkat kepedasan sesuai keinginan. Untuk tumisan bumbu, Anda perlu memasukkan serai, daun jeruk, dan juga daun salam agar aroma bumbu lebih terasa lezat. Setelah itu, Anda bisa memasukkan ayam yang tadi sudah digoreng setengah matang satu persatu, aduk secara merata. Untuk informasi tambahan, ayam tidak mesti digoreng saja, jika Anda suka, ayam juga dapat dibakar.

Baca Juga :  Es Campur: Cara Membuat Sop Buah

Lalu tambahkan air sedikit demi sedikit, dan diamkan agar bumbu meresap ke dalam ayam. Tak ketinggalan juga, tomat potong dimasukkan dan masak hingga tomat layu. Anda sudah dapat mematikan apinya. Silahkan letakkan ayam rica-rica di wadah penyajian. Jika Anda menyukai bawang bombay dan kemangi, Anda dapat memasukkannya bersamaan dengan tomat. Ini akan membuat hasil masakan Anda memiliki aroma yang lebih wangi dan lezat. Terlihat menggiurkan dong pastinya?

Wah tak terasa ya, tiba-tiba sudah matang. Prosesnya cepat dan mudah bukan? Untuk sebagian orang, ada yang memadukan bumbu rica-rica ini dengan santan ataupun jahe. Ya, ini bersifat opsional ya. Tidak ada salahnya untuk membuat sesuai selera masing-masing. Kini Anda sudah tahu dong resep menu ayam rica-rica ini. Jadi, tidak melulu harus membeli di restoran ya, karena Anda sudah mampu untuk membuatnya secara mandiri di rumah, lebih seru lagi mengajak anggota keluarga yang lainnya untuk turut membantu dalam proses memasak.

 

Comments are closed.