Proses Pengolahan Tepung Kanji yang  Efektif

food

Written by:

Proses Pengolahan Tepung Kanji yang  Efektif! Metode pengolahan ini sangat penting dalam persiapan segala jenis pati. Untuk singkong, bagaimanapun, karena jumlah yang relatif kecil dari zat sekunder, pemisahan pada setiap tahap dilakukan dengan sangat mudah. Sedangkan dengan jagung dan sereal lainnya penggerusan biji dan pemisahan mekanis kuman dan pericarp dari biji-bijian menimbulkan masalah khusus pada tahap 1, dan pemisahan protein dan konstituen lainnya pada tahap 2 hanya dapat dicapai dengan bantuan bahan kimia, operasi ini dapat dikurangi seminimal mungkin dalam singkong.

Memang mungkin untuk mendapatkan tepung tingkat pertama dari akar singkong tanpa peralatan khusus dengan hanya menggunakan air murni. Ini membuat pengolahan tepung singkong sangat cocok untuk industri pedesaan. Berikut adalah Proses Pengolahan Tepung Kanji secara singkat mari kita simak!

Satu kilogram tepung tapioka membutuhkan 4,4 kilogram akar singkong segar pada kadar pati sebesar 25%.
Di Thailand, fasilitas pemrosesan skala besar dengan mesin pemrosesan dan teknologi canggih telah menggantikan pabrik-pabrik primitif dan skala kecil tersebut. tepung kanji menjadi bahan utama dalam resep cimol.

Proses tradisional, biasanya dilakukan di pabrik skala kecil , mampu memisahkan pati dari akar singkong segar dengan menghancurkan dan kemudian merendam singkong di bawah air. Pati yang dibuat melalui proses ini lebih rendah kualitasnya. Proses metode ini memiliki 9 langkah sebagai berikut:

  • Timbang akar singkong segar untuk menentukan persentase pati.
    2. Potong ekor yang terhubung dengan akar sebelum memasang perangkat peeling.
    3. Lepaskan kulit dan curam mereka di sumur pembersihan.
    4. Masukkan yang bersih di helikopter dan penggiling. Grind sampai mereka menjadi partikel halus dan sedimen mereka di dalam air. Pada langkah ini, mereka muncul sebagai campuran bubur pati, air, dan serat.
    5. Saring bubur untuk memisahkan bubur pati dari serat, namun serat masih memiliki beberapa kandungan pati yang dapat digunakan sebagai makanan hewani.
    6. Sedimen bubur di ember kayu.
    7. Keringkan kue basah di bawah sinar matahari di halaman.
    8. Gunakan batu asah untuk menggiling kue yang benar-benar kering.
    9. Kemas dalam tas.

Bagaimana Proses Pengolahan Tepung Kanji?

Proses modern, dipraktekkan di pabrik-pabrik berskala besar dan menengah bergantung pada jumlah peralatan dan mesin yang sangat efisien; Grinding pati dengan Rasper berkecepatan tinggi. Kemudian ekstrak protein dengan mesin yang disebut “Decanter”. Memisahkan air dengan “Centrifuge”. Keringkan kue di flash dryer. 

Dalam pengolahan pati singkong sangat penting untuk menyelesaikan seluruh proses dalam waktu sesingkat mungkin, karena begitu akar telah digali, serta selama masing-masing tahap pembuatan berikutnya, proses enzimatik cenderung berkembang dengan efek yang memburuk pada kualitas produk akhir. Ini membutuhkan pasokan akar yang terorganisir dengan baik dalam jarak yang relatif pendek dari pabrik pengolahan dan, lebih jauh lagi, untuk organisasi tahap pengolahan yang akan meminimalkan penundaan dalam pembuatan. Jadi, walaupun sederhana pada prinsipnya, pembuatan tepung singkong yang baik membutuhkan perhatian yang besar.

Proses Pengolahan Tepung Kanji ini hanya membutuhkan waktu yang singkat dan menyediakan kualitas pati yang unggul. Proses ini dapat dijelaskan ke dalam 8 langkah sebagai berikut:

  • Timbang akar singkong segar untuk menentukan persentase pati.
    2. Hapus pasir dan kotoran dalam screener rotari.
    3. Masukkan ke dalam perangkat mengupas dan membersihkan, lalu potong ekor akar.
    4. Masukkan singkong bersih segar ke dalam Rasper dan kemudian Decantor untuk menghilangkan protein.
    5. Lewatkan slurry melalui layar untuk menghilangkan serat. Serat dijemur dan dijual untuk aplikasi pakan ternak.
    6. Pisahkan serat halus dan kenajisan dengan “Centrifuge”.
    7. Keringkan pati dengan melewatkannya melalui kolom pengering yang diangin-anginkan.
    8. Lewatkan pati melalui ayakan dan kemas bubuk halus ke dalam karung untuk dijual.

 

Baca Juga :  Jenis Kue Basah dan Cake Lezat Untuk Sajian Lebaran

Comments are closed.